Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Paket B IPA SMA/MA 2017 - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh latihan soal bahasa indonesia untuk soal pra ujian nasional yang khususnya untuk sma program studi ipa. Prediksi soal bahasa indonesia ini merupakan soal Tryout UN SMA 2017 oleh dinas pendidikan propinsi DKI Jakarta dan Tangerang.
Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.
Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.
Langsung saja simak Soal Latihan Bahasa Indonesia Paket B Ujian Nasional IPS SMA 2017 :
Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.
Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.
Langsung saja simak Soal Latihan Bahasa Indonesia Paket B Ujian Nasional IPS SMA 2017 :
PRA UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
SMA / MA
BAHASA INDONESIA
Program Studi IPA
Kerjasama
STMIK JAKARTA STI&K
dengan
DINAS PENDIDIKAN DKI JAKARTA DAN
DINAS PENDIDIKAN TANGERANG SELATAN
(Paket Soal B)
P E T U N J U K U M U M
1. Sebelum mengerjakan ujian, telitilah terlebih dahulu jumlah dan nomor halaman yang
terdapat pada naskah ujian.
2. Tulislah nomor peserta Saudara pada lembar jawaban, sesuai dengan petunjuk yang
diberikan oleh panitia.
3. Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang berisi penjelasan cara menjawab soal.
4. Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang menurut Saudara mudah, kemudian lanjutkan
dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua soal terjawab.
5. Tulislah jawaban Saudara pada lembar jawaban ujian yang disediakan dengan cara dan
petunjuk yang telah diberikan oleh petugas.
6. Untuk keperluan coret-mencoret dapat menggunakan tempat yang kosong pada naskah
ujian ini dan jangan sekali-kali menggunakan lembar jawaban.
7. Selama ujian Saudara tidak diperkenankan bertanya atau meminta penjelasan mengenai
soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk pengawas ujian.
8. Setelah ujian selesai, harap Saudara tetap duduk di tempat sampai pengawas datang ke
tempat Saudara untuk mengumpulkan lembar jawaban.
9. Perhatikan agar lembar jawaban ujian tidak kotor, tidak basah, tidak terlipat dan tidak
sobek.
10. Jumlah soal sebanyak 50 butir, setiap butir soal terdiri atas 5 (lima) pilihan jawaban.
11. Kode naskah ujian ini 04
PRA UN SMA 2017 1
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan
dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan
pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan
untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa
identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan
maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di
lingkungan pergaulan dunia global.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah
A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran
B. penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan
C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran
D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia
E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam berbahasa Indonesia
2. Tujuan penulis menyajikan isi teks tersebut adalah
A. mengimbau para pendidik untuk menyisipkan peristiwa sejarah dalam pembelajaran yang
dilakukannya
B. menggambarkan perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk kemerdekaan pada zaman
penjajahan
C. menjelaskan manfaat penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia
D. mengajak untuk menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh dalam
pembelajaran
E. mengingatkan pendidik agar menyisipkan peristiwa sejarah dalam setiap pembelajaran
Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 3 dan 4!
(1) Kejadian dalam peristiwa sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks
historis bukan hanya sekadar peristiwa yang terjadi pada masa lampau. (2) Sejarah termasuk ilmu
empiris karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia, kerap dimasukkan ke dalam
ilmu kemanusiaan, dan berbeda dengan antropologi atau sosiologi. (3) Sejarah membicarakan
manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. (4)
Diungkapkan pula kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa
yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. (5) Berbagai nilai
dan kearifan yang terdapat dalam sebuah peristiwa sejarah itu merupakan sumber kekayaan yang
dapat diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda.
3. Kalimat utama paragraf tersebut adalah bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
4. Makna istilah empiris yang tercetak miring pada kalimat nomor (2) dalam paragraf tersebut
adalah
A. perbuatan seseorang
B. berdasarkan pengalaman
C. dasar pemantauan
D. kejadian penting
E. melakukan penelitian
PRA UN SMA 2017 2
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 6!
(1) Melalui teks cerita ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman
nyata pada masa lalu dapat dibangkitkan atau dihidupkan kembali. (2) Setelah informasi tentang
sebuah peristiwa sejarah diperoleh, seseorang dapat mengumpulkan data yang tepat, akurat, serta
autentik tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber, baik lisan, tertulis maupun benda-benda
yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang dimaksud. (3) Bukti sejarah juga sudah dimuat pada
buku sejarah yang ditulis oleh pakar sejarah. (4) Dari buku tersebut dicatat hal yang akan diteliti
secara cermat, dibandingkan satu sama lain, diinterpretasikan, kemudian direkonstruksi sehingga
menghasilkan kisah sejarah yang mudah dipahami. (5) Hal yang demikian itu, semoga menjadi
perhatian semua peneliti dalam melakukan sebuah penelitian agar hasilnya sempurna dan akurat.
5. Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
6. Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk soal 7 9!
Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk
berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel ombak berbentuk
terowongan yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun,
pemerintah daerah tidak berdaya. Di sana Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada
pusat seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang
ke negeri ini sehingga perekonomian masyarakat setempat terbantu.
7. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah
A. Ternyata banyak tempat wisatawan yang perlu dibangun ditanah air ini dan harus dilestarikan
keindahannya oleh masyarakat setempat dan dibantu oleh berbagai pihak.
B. Tidak selalu dibebankan semuanya kepada pemerintah untuk membangun suatu daerah karena
keterbatasan tenaga dan biaya yang tersedia, termasuk mempromosikan objek wisata .
C. Kepedulian pemerintah sangat diharapkan untuk mempromosikan tempat wisata yang belum
begitu banyak dikenal agar objek wisata dikenal dan wisatawan banyak berkunjung
D. Banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik di tanah air seharusnya menjadi daya tarik
wisatawan dalam negeri (lokal) daripada terdapat objek di luar negeri.
E. Pengelola objek wisata pada suatu daerah, seharusnya dapat meningkatkan daya tarik
pengunjung dengan membangun fasilitas yang memadai bagi pengunjung.
8. Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah .
A. masyarakat setempat
B. pengelola wisata
C. wisatawan mancanegara
D. wisatawan lokal
E. pemerintah pusat
PRA UN SMA 2017 3
9. Keberpihakan penulis (editorial) dalam kutipan tersebut adalah
A. pemerintah pusat
B. masyarakat setempat
C. pengelola wisata
D. wisatawan mancanegara
E. wisatawan lokal
10. Cermati kedua kutipan teks berikut!
Teks 1 Teks 2
Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat
Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang
datang berkunjung ke Indonesia. Jangankan
dibandingkan dengan Prancis yang mampu
mendatangkan 83 juta turis tahun lalu, jumlah
wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari
Malaysia, yang menurut United Nations World
Tourism Organizationkedatangan 25 juta
pelancong pada lalu. Ini menempatkan Malaysia
pada peringkat ke - 10 negara dengan jumlah
wisatawan asing terbanyak.
Selain membangun infrastruktur
Perbedaan isi yang terdapat pada kutipan tersebut adalah
Teks 1 Teks 2
A. masih sedikitnya jumlah wisatawan asing yang
berkunjung ke Indonesia dibandingkan dengan
negara lain
belum serius nya pemerintah berkeinginan
membangun infrastruktur pada objek wisata
sebagai daya tarik wisatawan
B. berkurangnya jumlah wisatawan asing yang
berkujung ke Indonesia
tidak adanya objek wisata yang menarik bagi
wisa tawan mancanegara di Indonesia
C. objek wisata di Indonesia hanya dikunjungi
wisatawan lokal
baru sedikit wisat awan mancanegara yang
berkunjung ke objek wisata Indonesia
D. belum seriusnya pemerintah berkeinginan
membangun infrastruktur pada objek wisata
sebagai daya tarik wisatawan
masih sedikitnya jumlah wisatawan asing
yang berkunjung ke Indonesia dibandingkan
dengan negara lain
E. tidak adanya objek wisata yang menarik bagi
wisawan mancan egara di Indonesia karena
lebih menarik di negara lain.
berkurangnya jumlah wisatawan asing yang
berkujung ke Indonesia karena kurangnya
infrastruktur
11. Cermati kutipan biografi berikut!
Siapakah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat? Tidak lain, dialah Ki Hadjar Dewantara. Saat genap
berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara.
Semenjak itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan agar ia dapat bebas dekat dengan
rakyat, baik secara fisik maupun hatinya.
Perjalanan hidupnya benar-benar diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya.
Ia menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda) Kemudian sempat melanjut ke
STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tetapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja
sebagai wartawan di beberapa surat kabar antara lain Sedyotomo, Midden Java, De Express,
Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis
andal. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu membangkitkan
semangat antikolonial bagi pembacanya
Keteladan yang terdapat pada tokoh sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah
A. perjuangan dan pengabdiannya demi kepentingan bangsanya
PRA UN SMA 2017 4
B. pernah melanjutkan sekolah ke Sekolah Dokter Bumiputera
C. pekerjaan kewartawanan dilakukannya dengan sungguh-sungguh
D. dia tergolong seorang penulis yang berprestasi dan penulis andal
E. mampu menulis dengan sangat komunikatif, tajam, dan patriotik
Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
(1) Alminah :
kantorku?
(2) Mirna : saya tidak bisa mengantar ke
kantormu karena saya mengantarkan beberapa pesanan bakso yang tempatnya
berjauhan dengan kantormu. Harganya masih belum naik, masih per butir
(3) Alminah :
(4) Mirna :
(5) Alminah :
(6) Mirna :
12. Hal yang disepakati dalam teks dialog tersebut adalah
A. harga per butir bakso
B. waktu pengantaran bakso
C. harga semua pesanan
D. jumlah pesanan bakso
E. cara pengantaran bakso
13. Kalimat imperatif di antara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adalah yang bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14 15!
Soekarno, sebagai orang Indonesia, telah memberi pengaruh besar terhadap perjalanan sejarah
dunia. Oleh sebab itu, dia bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Ini yang membuat kita bangsa
Indonesia sangat bangga memiliki pemimpin seperti dia.
14. Maksud kata acuan ini yang bercetak miring pada kalimat ke-3 paragraf tersebut adalah
A. sebagai salah satu tokoh dunia
B. Soekarno, Presiden Republik Indonesia
C. perjalanan sejarah dunia
D. seorang pemimpin bangsa Indonesia
E. sebagai orang Indonesia
15. Inti kalimat yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah
A. Soekarno, sebagai orang Indonesia
B. orang Indonesia, telah memberi pengaruh
C. Soekarno memberi pengaruh terhadap sejarah.
D. memberi pengaruh besar terhadap perjalanan
E. terhadap perjalanan sejarah dunia
PRA UN SMA 2017 5
16. Cermati teks berikut.
(1) Pada sebuah cerita ulang biografi, partisipannya adalah manusia yang terlibat pada peristiwa
tertentu dalam sejarah. (2) Penganalisaan fakta pelu dicek kembali. (3) Si penulis akan mencatat
peristiwa tersebut secara kronologis. (4) Kesistematisan peristiwa dalam penulisan harus
diperhatikan. (5) Penggunaan kaidah bahasa dalam penulisan harus cermat pula.
Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah
A. patisipan pada kalimat (1) salah, seharusnya partisipasi
B. penganalisaan pada kalimat (2) seharusnya penganalisisan
C. kronologis pada kalimat (3) seharusnya kronologi
D. kesistematisan pada kalimat (4) seharusnya kesistimatisan
E. kaidah pada kalimat (5) seharusnya kaedah
17. Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf berikut!
(1) Keterlibatan Nelson Mandela dalam politik dimulai, saat dia keluar dari sekolah College of Fort
Hare. (2) Namun selama bertahun-tahun dia, menyaksikan bagaimana politik apartheid sangat tidak
manusiawi. (3) Keterlibatan inilah, yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus dia
tempuhnya. (4) Dia, memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika
Selatan. (5) Harapan Mandela untuk berhasil, sangatlah kecil karena selama berabad-abad
pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer.
Penggunaan tanda baca koma (,) yang salah dengan alasan perbaikan yang tepat adalah
A. pada kalimat bernomor (1) salah, seharusnya tanda koma dibuang karena sudah terdapat
konjungsi saat sebagai penyataan anak kalimat keterangan waktu
B. pada kalimat bernomor (2) salah, seharusnya tanda koma digunakan setelah kata namun karena
penanda konjunsi anatar paragraf
C. pada kalimat bernomor (3) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata inilah tidak diperlukan
karena tidak ada fungsinya
D. pada kalimat bernomor (4) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata dia tidak diperlukan
karena tidak ada fungsinya
E. pada kalimat bernomor (5) salah seharusnya tanda koma dipindahkan setelah konjungsi karena
karena sudah terdapat konjungsi karena sebagai penyataan anak kalimat keterangan sebab
18. Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut!
(1) Pada Agustus 1943 , kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang .
(2) Kapal terbelah dua , dan dua belas orang awaknya tewas.
(3) JFK, beberapa kru, dan awak kapal yang selamat.
(4) Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang.
(5) JFK melakukan tindakan heroik , menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.
(6) Dia dan krun ya akhirnya selamat , setelah ditemukan oleh penduduk asli.
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)
PRA UN SMA 2017 6
19. Cermati paragraf berikut!
Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan pemerintah dalam rangka implementasi
Kurikulum 2013. Buku disusun dan ditelaah oleh berbagai
A. fihak, penterapan, zaman, kualitas
B. pihak, penerapan, zaman, kualitas
C. fihak, penterapan, jaman, kualitas
D. fihak, penterapan, jaman, kuwalitas
E. pihak, penerapan, jaman, kwalitas
20. Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat berikut!
Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus
dari ITB. Sebagai mahasiswa
A. tekhnik, nasionalisme, orator, karier
B. teknik, nasionalisasi, orator, karier
C. tehnik, nasionalisme, otoriter, karir
D. tekknik, nasionalisasi, otoriter, karir
E. teknik, nasionalisme, orator, karier
21. Cermati penulisan judul berikut!
Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah istimewa
Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.
Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah
A. Sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
B. Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
C. Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
D. Sistem gotong Royong dalam masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
E. Sistem Gotong Royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
22. Cermati paragraf berikut!
Pada 17 Agustus 1945, tidak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis
pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta
memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi
presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. memproklamasikan
B. memproklamatorkan
C. pemproklamasian
PRA UN SMA 2017 7
D. pemproklamiran
E. pemproklamatoran
23. Cermati paragraf berikut!
Kucing Anggora mempunyai tubuh proporsional. Biasanya, tubuh kucing Anggora terlihat
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. hampir langsing, begitu ringan, sedikit panjang
B. hampir langsing, terasa ringan, hampir panjang
C. agak langsing, cukup ringan, tidak panjang
D. agak langsing, begitu ringan, tidak panjang
E. agak langsing, terasa ringan, sedikit panjang
24. Cermati paragraf berikut!
Inflasi merupakan suatu hal yang wajar dan tidak dapat dihindari oleh setiap negara. Hal ini,
disebabkan oleh proses pembangunan yang mengeluarkan pembiayaan yang besar untuk
Konjungsi sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. apabila
B. karena
C. bahwa
D. walau
E. sehingga
25. Cermati penggunaan konjungsi (kata penghubung) dalam paragraf berikut!
Di negara sedang berkembang, indeks tingkat kemiskinan yang didefinisikan sebagai proporsi
masyarakat dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari berdasarkan harga prioritas daya beli
menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998. Dan penurunan angka kemiskinan
tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, banyak kaum miskin di negara berkembang
meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Begitu pula pada akhir abad ke dua puluh
masalah kemiskinan meningkat pada banyak negara, terutama di Asia Tenggara yang secara
langsung berpengaruh pada krisis finansial 1997.
Perbaik an kata konjungsi yang bercetak miring pada kalimat ke - 2 paragraf tersebut adalah
A. bahwa
B. walau
C. sehingga
D. karena
E. bahkan
PRA UN SMA 2017 8
26. Cermati paragraf berikut!
Setelah sore Mak Ijah menutup warungnya. Dia membawa kaleng uang dari warung menuju tengah
rumah. Dia taburkan uang itu di lantai. Mak Ijah mulai menghitung hasil penjualannya. Dia
A. memisah-misahkan, mengingat-ingat, menepuk-nepuk
B. memisah-misahkan, diingat-ingat, menepuk-nepuk
C. memisahkan-memisahkan, ingat-mengingat, menepuk-tepuk
D. pisah-memisahkan, ingat-mengingatkan, mentepuk-tepuk
E. dipisah-pisahkan, diingat-ingat, ditepuk-nepuk
27. Cermati paragraf berikut!
Sebagai Founding Father atau Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa
Indonesia kepada kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah
membangun tatanan keadilan yang
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. mensejahterakan, mensejajarkan, meninspirasi
B. tersejahterakan, tersejajarkan, terinspirasi
C. mensejahterakan, menyejajarkan, meninspirasi
D. disejahterakan, disejajarkan, diinspirasi
E. menyejahterakan, menyejajarkan, menginspirasi
28. Cermati deretan kalimat berikut!
Cara Membuat Tape Singkong
(1) Kukus singkong hingga matang, tetapi jangan sampai terlalu lembek, angkat singkong (jangan
disentuh karena me ngganggu fermentasi)
(2) Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira -kira 10 -15 cm dan cuci
sampai bersih.
(3) Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi dengan menggunakan daun pisang, dan tutup
kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.
(4) Sediakan wadah yang agak dalam seperti baskom, toples yang agak besar , atau bakul dan alasi
dengan menggunakan daun singkong pada bagia n dasar serta pinggirannya.
(5) Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan menggunakan garpu
dan sudah bertekstur lembut , serta mudah ditusuk dengan garpu, berarti tape singkong sudah
jadi.
(6) Susun singkong untuk lapisan pertama denga n menggunakan garpu untuk menatanya, taburkan
sebagian bubuk ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburkan lagi ragi, dan
seterusnya.
Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf prosedur adalah
A. (1), (2), (5), (6), (3), dan (4)
B. (2), (1), (4), (6), (3), dan (5)
C. (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)
PRA UN SMA 2017 9
D. (4), (3), (2), (1), (5), dan (6)
E. (5), (2), (4), (3), (1), dan (6)
29. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Kucing anggora mempunyai bulu yang unik. Keunikan bulu kucing anggora adalah bulu tumbuh
sesuai dengan kondisi cuaca. Jika kondisi cuaca sedang mengalami musim panas, bulu kucing
anggora terlihat pendek. Jika kondisi cuaca sedang mengalami musim hujan/dingin, bulu kucing
anggora sangat lebat dan panjang. .... Kondisi bulu yang cukup unik tersebut memperlihatkan bahwa
kucing anggora ini cukup cocok dipelihara di Indonesia. Karena dengan pola tumbuh bulu kucing
anggora tersebut membuat kucing anggora mampu untuk beradaptasi dengan iklim yang ada di
Indonesia
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. Kucing anggora mempunyai ekor yang cukup panjang.
B. Ekor kucing anggora juga ditumbuhi bulu yang lebat dan tebal.
C. Bulu kucing anggora sangat halus dan lembut seperti sutera.
D. Bahkan, bulu yang terdapat di ekor lebih lebat daripada bulu badannya.
E. Merawat bulunya sangat rumit dan memakan waktu cukup lama.
30. Cermati paragraf narasi berikut!
JFK dilantik pada 20 Januari 1961. Ia menyampaikan pidatonya yang memesona, menyerukan
penerapan hukum yang baru, yaitu yang kuat berlaku adil, yang lemah dilindungi, dan perdamaian
dijaga. Ia menyadari kesulitan yang
yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi (yang rumpang) tersebut adalah
A. Siapa pun tidak akan peduli dengan keadaan dunia.
B. Gedung Putih sebagai sebuah pusat kebudayaan
C. Saat itu dunia hampir masuk ke perang nuklir
D. Akan tetapi, mari kita mulai sekarang.
E. Beberapa hari perundingan yang tegang terjadi.
31. Cermati paragraf berikut!
Karakter utama sebuah cerpen adalah peristiwa, yaitu suatu kejadian yang di dalamnya. Peristiwa
tersebut ada hubungan antara tokoh, latar, dan alur. Peristiwa dalam cerpen menunjukkan dua pola,
yaitu peristiwa monologis yang merupakan penggambaran keadaan dan kedirian yang bersifat
tunggal. Dalam hal ini, tokoh bermonolog atau penulis menggambarkan keadaan. Peristiwa lainnya
adalah dialogis, yang merupakan penggambaran keadaan hubungan tokoh dengan tokoh dalam suatu
keadaan tempat
yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah
A. Jadi, peristiwa monologis dan dialogis selalu ada dalam sebuah cerpen.
B. Dengan demikian, peristiwa yang dituangkan berdasarkan imajinasi saja.
C. Jadi, peristiwa itu dapat dituangkan ke dalam cerpen sesuai dengan alur.
D. Dengan merekonstruksi peristiwa , disisipkan nilai-nilai dan amanat.
E. Rangkaian peristiwa itulah, yang kemudian membentuk genre cerpen.
PRA UN SMA 2017 10
32. Cermati pendapat dan kalimat argumen berikut!
Pendapat:
Perdagangan bebas dapat menimbulkan tingkat pengangguran yang tinggi dan banyak pengusaha
kecil dan besar tersingkir akibat kalah ber saing dengan perusahaan asing.
Argumen:
(1) Para pedagang dalam negeri dan para pedagang dalam negeri akan saling bersaing dan
berebutan dalam pemasaran sehingga termotivasi untuk mendapatkan pasar
(2) Perdagangan bebas dapat menciptakan hambatan -hambatan baru yang merugikan perusahaan -
perusahaan kecil dan yang besar yang ada di dalam negeri.
(3) Produk Indonesia semakin banyak dan akan diperbanyak agar mampu menyerap tenaga kerja
dan mengurangi pengangguran.
(4) Perdagangan bebas tidak mempunyai hambatan perdagangan antari ndividu perusahaan yang
berada di negara yang berbeda.
Kalimat argumen yang sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
33. Cermati kalimat berikut!
Hamparan-haparan ratusan kotak beton di kota itu merupakan jebakan walet yang dibangun oleh
manusia tujuan untuk memindahkan walet daripada kehidupan lepas terbang di pantai.
Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat adalah
(1) Kata ulang hamparan-hamparan tidak tepat karena diiring oleh kata ratusan yang berarti
jamak/banyak.
(2) Penggunaan kata dibangun tidak tepat seharusnya diganti dengan dibikin yang memiliki arti
dibuat
(3) Kata tujuan dan untuk harus harus dibuang salah satu karena maknanya sama.
(4) Penggunaan kata daripada tidak tepat karena bukan menyatakan perbandingan, seharusnya kata
dari
(5) Kata terbang lepas kurang tepat, seharusnya mengudara tinggi
Pernyataan yang tepat untuk perbaikan kalimat tersebut adalah
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
34. Cermati ilustrasi berikut!
Pencuri itu mengendap-endap waktu memasuki pekarang rumah sasarannya. Lalu mendekati salah
satu jendela kamar rumah itu. Dia mulai mengeluarkan alat pencongkel pintu. Akan tetapi naas,
obeng yang digunakannya jatuh ke ubin beserta peralatan lainnya sehingga mengeluarkan bunyi dan
membuat pemilik rumah serta merta keluar dan menyergapnya.
Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
A. terkena jaringan
B. naik pitam
PRA UN SMA 2017 11
C. tertangkap basah
D. tinggi rezeki
E. gelap mata
35. Cermati ilustrasi berikut!
Meski hidup Azrial sudah hidup berada, memiliki rumah mewah dan kendaraan, dan tinggal di ibu
kota, Jakarta, tetapi ia masih ingin pulang ke kampung halamannya. Banyak hiburan di kota besar.
Namun, tetap rindu terhadap kampung halamannya, Lareh Panjang, Sumatra Barat. Kampung
halamannya terasa senantiasa memanggilnya pulang. Karena itulah, Azrial membangun rumah yang
akan dihuninya kelak di hari tuan bersama istrinya.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
A. Hancur badan dikandung tanah, budi baik dikenang jua.
B. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalan.
C. Seperti ilmu padi, kian berisi kian merunduk.
D. Daripada berputih mata, lebih baik berputih tulang.
E. Setinggi-tinggi terbang bangau, hinggapnya ke kubangan juga.
36. Cermati kedua kutipan teks cerpen berikut!
Cerpen 1 Cerpen 2
Kenduri di rumah Mangkudun begitu semarak.
Dua kali meriam ditembakkan ke langit,
pertanda dimulainya perhelatan agung. Tak
biasanya pusaka peninggalan sesepuh adat
Lareh Panjang itu dikeluarkan. Bila yang
menggelar kenduri bukan orang berpengaruh
seperti Mangkudun, tentu tak sembarang
dipertontonkan. Para tetua kampung
menyiapkan pertunjukan pencak guna
menyambut kedatangan me mpelai pria. Para
pesilat turut ambil bagian memeriahkan pesta
perkawinan anak gadis orang terkaya di Lareh
Panjang itu.
Cerpen Juru Masak
Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina
Perbedaan nilai-nilai yang diungkapkan pada isi kutipan cerpen tersebut adalah
Cerpen 1 Cerpen 2
A. budaya sosial
B. agama estetika
C. moral agama
D. estetika pendidika n
E. pendidikan budaya
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37 40!
Angan-angannya (Paing) untuk memperoleh anak perempuan juga terkabul. Istrinya melahirkan
anaknya yang ketiga dengan mules di rumah bidan. Untuk sementara ia serahkan jualan pada orang
lain untuk membantu istrinya.
Namun, ketika ia akan mulai jualan lagi terkejut bukan ma in. Tempatnya telah dikuasai oleh
teman yang semula sangat dipercaya. Bahkan sudah diubah dengan peralatan yang lebih permanen;
tenda, gerobak, dan bangku -bangku. Ia telah dikhianati. Marah seperti orang gila. Sungguh heran,
PRA UN SMA 2017 12
temannya kalem-kalem saja. Ia ingin berkelahi, tetapi buru-buru sadar, tidak bisa berkelahi. Ia jadi
pecundang. Pukulan hebat menghantamnya. Ia roboh kesakitan. Siapa lagi yang bisa cari nafkah,
yang bisa memberi ke perluan-keperluan bayi? Anaknya? Tidak, dia baru kelas II SMP. Lagi pula
jangan anaknya meniru nasibnya menjadi pedagang kere.
Cerpen Paing
37. Konflik pada diri si suami (Paing) dalam kutipan cerpen .
A. rasa tidak berdaya lagi untuk berusaha setelah tempat pencari nafkahnya dirampas temannya
B. kebingungan untuk mencari nafkah buat keluarganya karena sudah kehilangan mata pencarian
yang dirampas temannya
C. hilangnya rasa kepercayaan terhadap teman sendiri setelah dikhianati kepercayaannya yang
diberikannya
D. kepanikan karena bertambahnya anggota keluarga dengan kelahiran seorang anaknya lagi
E. perasaan tidak sanggup melanjutkan sekolah anaknya lagi setelah dia kehilangan mata pencarian.
38. Pendeskripsian watak tokoh Paing seorang yang penyayang dan bertanggung jawab terhadap
keluarga dalam kutipan cerpen tersebut
A. tanggapan tokoh lain dan tindakan tokoh
B. dialog antartokoh dan pikiran-pikirannya
C. tindakan dan pikiran-pikiran tokoh
D. bentuk lahir/fisik dan lingkungan tokoh
E. lingkungan tokoh dan tanggapan tokoh lain
39. Amanat sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah
A. Pikirkan cara menyadarkan orang yang melakukan pengkhianatan.
B. Berbuat baiklah kepada siapa pun walaupun orang itu berkhianat
C. Gunakan kesempan kapan dan di mana pun untuk mencari nafkah.
D. Jangan membalas kejahatan seseorang dengan kejahatan lagi.
E. Sesuatu yang sudah diperoleh, janganlah dibuang atau disia-siakan.
40. Ringkasan yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah
A. Karena seorang suami angannya terkabul ingin mendapatkan anak perempuan, si suami besedia
membantu istrinya dan untuk sementara dia serahkan jualannya kepada orang lain untuk
sementara waktu
B. Angan-angannya (Paing) untuk memperoleh anak perempuan juga terkabul karena istrinya
melahirkan anaknya yang ketiga sehingga membantu istrinya dan untuk dia rela kehilangan
matapencarian.
C. Seseorang mengubah tempat orang lain dengan peralatan yang lebih permanen, seperti tenda,
gerobak, dan bangku-bangku padahal apa yang dilakukannya adalah sebuah pengkhianatan
kepercayaan orang lain terhadapnya.
D. Seseorang ingin marah, seperti orang gila karena telah dikhianati teman kepercayaanya karena
teman tersebut kalem-kalem saja atas perbuatannya tersebut yang membuat dia menjadi emosi.
E. Seseorang yang sangat percaya kepada temannya sehingga menyerahkan tempat ia mecari
nafkah, tetapi tempat itu dirampas temannya sehingga dia kehilangan sumber matapencarian.
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 41 43!
Seumur hidupnya belum pernah Paing masuk rumah sebesar itu. Seluruhnya dikelilingi tembok
tinggi. Untuk masuk orang harus memencet bel lebih dulu kemudian menunggu di luar gerbang.
Sebuah kotak lubang terbuka dan muncul mata menelitinya. S etelah yakin siapa tamunya barul ah
gerbang bisa dibuka. Untung ia datang diantar Tante. Penjaga gerbang mem beri hormat
PRA UN SMA 2017 13
-dengus ke kaki Tante. Lalu
berlari mendorong pintu terbuka. Ia takut setengah mati.
Ia ragu-ragu masuk. Ruangan seperti lapangan. Tampak mebel-mebel besar mewah sekali. la ingat,
pasti harganya ratusan juta. Banyak pula perabot antik yang sulit ia bayangkan seperti apa kayanya
orang yang punya. Ia melongo dan jadi bego
Cerpen Paing
41. Hal yang ada pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah
A. Larangan memelihara anjing di rumah bagi umat beragama tertentu.
B. Penjaga pintu gerbang wajib memberi hormat kepada setiap ada tamu.
C. Lebih percaya menyerahkan penjagaan rumah sepenuhnya kepada anjing;
D. Perabotan mebel-mebel besar, mewah sekali, lebih disukai/digandrungi.
E. Orang kaya yang membangun rumah dengan tembok pagar yang tinggi.
42. Suasana hati Paing dalam kutipan cerpen tersebut adalah
A. keheranan
B. ketakutan
C. kekhawatiran
D. keharuan
E. kegembiraan
43. Makna lapangan dalam kutipan cerpen tersebut adalah
A. panjang
B. lega
C. lebar
D. luas
E. besar
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 44 dan 45!
Peragawati minta diambilkan tas berisi buku dan bebera
laundry
Nilai-nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah
A. menahan kemarahan dan mengerjakan sesuatu dengan sabar
B. menggantikan tugas orang dan melaksanakannya dengan ikhlas
C. menjaga kepercayaan dan melaksanakan perintah dengan baik
D. mencegah seseorang berbuat tidak baik dan selalu waspada
E. menghindari kecurigaan dan menjauhi perbuatan fitnah
45. Kalimat berupa majas dalam paragraf ke-2 kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat
bernomor
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (5), (6), dan (7)
PRA UN SMA 2017 14
E. (6), (7), dan (8)
46. Cermati larik pantun berikut!
Di malam hari menonton wayang
Dalangnya bercerita piawai sekali
Dalam sehari-hari berkasih sayang
L arik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah
A. Hidup damai senanglah hati
B. Janganlah bimbang mari kemari
C. Membaca tembang, kita menari,
D. Siapa bilang, tak senang di sini
E. Selamat datang, tuan putri
47. Cermati isi sebait Gurindam Dua Belas berikut!
Mengumpat dan memuji hendaklah pikir
Di situlah banyak orang yang tergelincir
Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam tersebut adalah
A. Orang yang dipuji akan tersanjung secara belebihan, senang hati, dan membalasnya, tetapi orang
yang dicela malah akan sebaliknya.
B. Untuk memuji seseorang hendaklah dipikirkan dulu, apakah orang tersebut pantas mendapat
pujian, begitu pula dengan akan mencela seseorang.
C. Memuji dan mencela adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari hari
sepanjang masa.
D. Orang akan lebih ringan mulutnya untuk mencela, sementara berat sekali apabila untuk memuji
seseorang.
E. Pujian yang diberikan kepada seseorang, belum tentu dilakukan dengan tulus dan ikhlas, tetapi
sebaliknya, celaan ditumpahkan dengan sepenuh hati.
48. Cermati isi kutipan novel berikut!
Awalnya Nagabonar tak mengetahui maksud sebenarnya Bonaga mengajaknya ke Jakarta.
Sesampai di Jakarta barulah Bonaga mengutarakan maksudnya mengajak ayahnya ke Jakarta adalah
untuk menyampaikan keinginannya untuk membangun sebuah resort di perkebunan sawit milik
ayahnya. Tentu saja hal ini ditolak mentah-mentah oleh Nagabonar karena di perkebunan itu
terdapat ketiga kuburan orang-orang yang dicintainya. Apalagi ketika mengetahui bahwa calon
investornya adalah orang-orang Jepang, bangsa yang dimusuhi oleh Nagabonar semenjak jaman
perjuangan dulu.
Selain konflik soal perkebunan kelapa sawit ada pula kisah cinta antara Bonaga dan Monita.
Sebetulnya mereka saling mencintai. Namun, Bonaga yang dibesarkan tanpa sentuhan seorang ibu
mengalami kesulitan untuk menyatakan cintanya secara langsung pada Monita, padahal pernyataan
cinta inilah yang ditunggu-tunggu Monita sebagai seorang wanita.
Di antara dua konflik tersebut dikisahkan juga kisah perjalanan Nagabonar berkeliling Jakarta
dengan bajay yang dikemudikan Umar yang kelak akan menjadi sahabatnya selama di Jakarta. Pada
deskripsi inilah banyak terjadi kelucuan dan kritik -kritik Nagabonar terhadap kehidupan sosial di
Jakarta. Antara lain soal bajay yang tidak boleh masuk kawasan protokol, patung Jendral Sudirman
yang menghormati mobil-mobil yang berseliweran di depannya, sikap para pemakai jalan di Jakara,
arti kepahlawanan , dll.
Kalimat resensi berupa keunggulan novel tersebut adalah
A. Cerita ini hampir semua sudah mengetahuinya karena sudah diangkat menjadi cerita yang
difilmkan atau layar lebar.
PRA UN SMA 2017 15
B. Keseriusan dan ketegangan dalam cerita membuat para pembaca berdebar-debar untuk
menyelesaikan membaca.
C. Jarang sekali ditemukan novel yang ringan dan banyak diminati pembaca karena temanya sangat
sehari-hari.
D. Isi ceritanya masalah serius dan berisi kritikan, tetapi dipadu dengan kelucuan sehingga
membuat cerita menjadi menarik dan tidak membosankan.
E. Gaya penceritaan pengarang, mencirikan karateristik peribadi pengarangnya sendiri sehingga
terkesan pantulan jiwa pengarang dalam cerita.
49. Cermati isi kutipan novel berikut!
Guna-guna yang diteluhkan ke Nilam ialah perempuan itu kerap terlihat memakai kerudung api.
Di ubun-ubunnya, seolah api serupa unggun menyala, menjalar, dan berkobar. Sehingga setiap lelaki
hendak menikahinya, jelang akad, batal karena ketakutan. Beberapa lelaki yang semapat meminang
dan hampir sampai prosesi akad seperti Tanbara, Zulkifli, dan banyak lagi. Semua undur? bukan
teratur? terbirit-birit karena takut setelah melihat di ubun-ubun Nilam serupa tungku yang menyala,
berkobar, dan menjalar.
Kalimat kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah
A. Cerita lebih cenderung berbau mistik dan terkesan seperti dongeng.
B. Pengarang cerpen ini memiliki keterampilan memilih masalah cerita.
C. Gambaran budaya suatu daerah tergambar jelas dalam kutipan tersebut.
D. Amanat yang disajiakan sangat jelas ditujukan untuk kaum remaja.
E. Latar cerita menggambarkan suasana khusus dalam hati para pembaca.
50. Cermati isi kutipan cerpen berikut!
Di sepanjang usianya, Banun Kikir tak pernah membeli minyak tanah untuk mengasapi dapur
keluarganya. Perempuan itu menanak nasi dengan cara menyorongkan seikat daun kelapa kering ke
dalam tungku, dan setelah api menyala, lekas disorongkannya pula beberapa keping kayu bakar yang
selalu tersedia di bawah lumbungnya. Saban petang, selepas bergelimang lumpur sawah, daun-daun
kelapa kering itu dipikulnya dari kebun yang sejak lama telah digarapnya. Mungkin sudah tak
terhitung berapa jumlah simpanan Banun selama ia menahan diri untuk tidak membeli minyak tanah
guna menyalakan tungku. Sebab, daun-daun kelapa kering di kebunnya tiada bakal pernah berhenti
berjatuhan.
Kalimat esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah
A. Watak pelaku dalam cerita adalah seorang yang kikir digambarkan secara langsung.
B. Latar cerita tergambar dengan jelas di sebuah pedesaan yang ditandai dengan sawah.
C. Penduduk desa berprofesi sebagai petani yang hanya mengerjakan sawah ladang
D. Isi cerita mengungkapkan seorang penduduk desa yang sangat hemat.
E. Sewaktu membaca cerpen, timbul kesan ke zaman suasana dahulu hidup di desa.
BILA SOAL KURANG JELAS BISA DOWNLOAD FORMAT PDF DISINI
NB : UNTUK MELIHAT KUNCI JAWABAN SILAHKAN KESINI
Prediksi Soal Matematika UN SMA/MA 2017 Dan Kunci Jawaban
Untuk paket soal prediksi UN SMA yang lain insyaallah akan diunggah secepatnya, dan soal-soal lainnya bisa anda lihat pada bagian kanan blog ini. Jadi selalu kunjungi blog ini untuk mengetahui update terbarunya ya!
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Paket B IPA SMA/MA 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semua yang sedang mencari beberapa refrensi ataupun mencari contoh soal ujian nasional ini. Dan semoga dapat bermanfaat untuk belajar dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sesunggguhnya. Dan jangan lupa untuk share untuk temannya yang membutuhkan contoh latihan soal ini, karena sebuah kebaikan sekecil apapun nantinya akan mendapatangkan kebaikan pula yang lebih besar untuk diri sobat semuanya.